Tren Masa Kini Online Shop yang Perlu Diketahui

BALESIN – It’s the e-commerce era. Perkembangan online shop semakin meningkat dan bertambah pesat, serta diperkirakan akan terus merajai dunia retail masa kini. Faktanya, dalam studi yang dilakukan oleh Statista, aka nada peningkatan sales di e-commerce seluruh dunia sebesar 246.15 persen, dari 1,3 triliun dolar di tahun 2014 menjadi 4,5 triliun dolar di tahun 2021 nanti.

Nah sebagai pelaku bisnis di dunia digital, kamu yang punya toko online atau baru akan memulainya perlu terus mengikuti perkembangan dan melakukan inovasi agar bisa menjaring pelanggan lebih banyak dan scaling up your business, nih. Untuk itu, BALESIN akan menjelaskan beberapa tren masa kini dunia online shop yang perlu kamu ketahui. Apa aja sih yang lagi nge-tren sekarang dan perlu kamu terapkan di toko online mu?

  1. Review Marketing

Apa itu Review Marketing? Mudahnya, review membuat pelanggan mudah untuk memberikan rating atas pengalaman berbelanja maupun produk yang telah mereka beli dari toko onlinemu. Nah, kenapa Review Marketing itu penting? Karena ternyata, di masa kini lebih banyak pelanggan yang terpengaruh dengan rating yang diberikan oleh pelanggan lain, karena dianggap sebagai “honest opinion”.

So, kamu bisa meningkatkan pemasaran dan penjualan tokomu dari review yang diberikan oleh pelanggan setia. Karena itu, kepuasan pelanggan harus menjadi nomor satu. Kamu juga bisa membuat penawaran-penawaran spesial untuk memicu pelanggan agar me-review tokomu, seperti memberikan discount khusus kepada pelanggan yang meninggalkan review, dan lain-lain.

  1. User Generated Content

Seperti halnya Review Marketing yang mengandalkan ulasan langsung dari pelanggan, sekarang juga lagi nge-trend nih istilah User Generated Content. Buat kamu yang belum familiar, User Generated Content adalah konten-konten yang dibuat sendiri oleh user atau pelanggan. Dengan semakin banyak user yang membicarakan atau mengunggah sendiri konten yang berkaitan dengan toko online mu, maka promosi tokomu akan semakin menyebar dengan sendirinya.

Bagaimana cara mendapatkan User Generated Content? Kamu bisa memulainya dengan mengadakan event atau promosi dengan memicu para pelanggan untuk menyebarkan informasi mengenai tokomu atau produk yang kamu jual, dengan imbalan tertentu pastinya. Misalnya diskon khusus atau giveaway, serta hadiah spesial untuk orang terpilih.

  1. Promotional Email & CRM

Sebagai user atau pelanggan sebuah e-commerce atau online shop, pernahkah kamu menerima email yang berisikan promo, atau pengingat jika kamu belum menyelesaikan suatu transaksi, atau langkah-langkah di dalam e-commerce/online shop tersebut? Nah, itulah yang disebut promotional email dan CRM (customer relationship management).

Dengan email berisi reminder tersebut, pelanggan akan lebih merasa memiliki nilai dan terikat dengan tokomu. Namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti durasi dan banyaknya email yang dikirimkan agar tidak dianggap sebagai spam, ya.

  1. Digital Wallet Payment

Di masa kini, pembayaran dengan digital wallet semakin masif dan pesat perkembangannya. Banyak start up lokal hingga BUMN yang menawarkan digital wallet sebagai pengganti alat pembayaran atau uang cash. Ini dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh digital wallet dalam pembayaran, dan kebiasaan orang yang kini telah menggunakan smartphone untuk beraktivitas. Belum lagi banyaknya promo-promo yang diberikan jika pelanggan atau user menggunakan digital wallet di berbagai merchant terdaftar.

Nah, ini adalah salah satu tren masa kini di dunia online shop yang perlu kamu ketahui nih. Bahkan jika memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan digital wallet payment sebagai salah satu opsi pembayaran di toko onlinemu.

  1. Chatbot

Hasrat dan kebutuhan berbelanja emang kadang datang kapan aja. Nah bagaimana kalau waktu buka toko sudah selesai? Jawabannya: Online Shop! Pelanggan mengharapkan mereka bisa berbelanja 24/7 di online store. Karena itulah chatbot menjadi jawaban atas banyaknya demand ini. Dengan chatbot, teknologi tersebut bisa menggantikan peran admin manusia untuk melayani pelanggan di luar jam kerja, bahkan 24 jam tanpa hari libur. Jika kamu penasaran bagaimana sih cara kerja chatbot dan chat commerce sebagai salah satu tren online shop masa kini, kamu bisa mendaftarkan tokomu secara gratis di sini.

 

Sumber: RetailNext