Manfaat Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Bisnis Online

BALESIN – Apa manfaat kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam bisnis online? Buat kamu yang belum tahu, kita udah memasuki masa di mana AI sangat berkembang pesat loh. AI udah banyak digunain di berbagai industri, dari mulai perbankan, kesehatan, media, pelayanan pelanggan, dan lain sebagainya. Termasuk di dunia bisnis online, seperti yang udah digunakan di BALESIN.

Nah, apa aja pengaruh dan manfaat AI di era digital seperti sekarang? BALESIN akan membahasnya nih. Yuk simak!

 

Apa itu artificial intelligence?

(Sumber: gettingsmart.com)

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang mampu “mereplika” kecerdasan manusia, dengan mengembangkan software yang mengerti kebiasaan-kebiasaan kita. Masih bingung? Gampangnya, AI adalah teknologi yang bisa “belajar untuk mengerti manusia, lalu menirukannya”. Di dunia bisnis digital, Artificial intelligence menandai “the new era” nih. Kecerdasan buatan bisa membantu industri, perusahaan, atau pemilik bisnis melayani para pelanggan mereka dengan lebih efisien, cepat, tapi juga tetep “humanis”. Makin banyak perusahaan yang beralih ke artificial intelligence untuk mengembangkan bisnis online mereka yang nggak cuma sekadar jualan, tapi juga bisa menjadi “personalized journey”.

 

Tipe-tipe artificial intelligence

Ada beberapa tipe kecerdasan buatan yang sekarang udah berkembang di dunia bisnis online, di antaranya:

  1. Chatbot

#TemenBalesin udah tahu tentang chatbot? Yup, chatbot adalah tipe AI yang juga digunakan di BALESIN. Chatbot bisa membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan interaksi yang personal dengan pelanggan. Dengan chatbot, kamu bisa membuat percakapan dengan pelanggan, layaknya seperti interaksi dengan manusia. Plusnya, interaksi dengan chatbot lebih cepat dan tepat.

Chatbot banyak digunakan sebagai customer service yang siap sedia membantu kebutuhan pelanggan. Sekarang, chatbot udah memainkan peran kunci dalam bisnis e-commerce dan di banyak industri, khususnya untuk pelayanan customer. Katanya, di tahun 2020 nanti, 85% interaksi pelanggan akan lewat chatbot loh.

  1. Visual Search

Di era yang baru, kamu nggak harus lagi mencari barang yang pengen kamu beli di internet dengan mengetikkan kata kunci. Dengan visual search, kecerdasan buatan ini bisa menganalisa dan memindai dari gambar yang pengen kamu cari loh! Misalnya, kamu tinggal meng-upload foto barang yang kamu pengen cari, dan visual search bisa langsung nampilin produk-produk yang cocok dengan gambar tersebut.

  1. Voice Search

Mirip-mirip sama visual search, para pelaku bisnis online juga bisa memanfaatkan teknologi voice search di situs mereka. Pelanggan bisa mencari produk yang mereka inginkan dengan menggunakan suara. Lewat artificial intelligence nya, voice search bisa memahami kata-kata dan kalimat yang kamu ucapin. Contohnya kayak Siri dan Alexa. Dan diprediksi tahun 2020, 50% web search akan dilakukan lewat suara.

  1. Product Management

Dengan artificial intelligence, kamu juga bisa me-manage produk-produkmu dengan gampang dan canggih. Contohnya seperti yang diterapkan di BALESIN. Kamu bisa melihat produk mana yang paling banyak dibeli, jam berapa pelanggan paling sering berbelanja di tokomu, produk mana aja yang harus di-restock, berapa penghasilan tokomu, dan masih banyak lagi. Berguna banget kan?

 

Manfaat kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis online

  1. Pengalaman berbelanja online yang personal

Belanja dilayani robot? Jangan takut, karena AI bisa berinteraksi layaknya seperti manusia. Bahkan pemilik bisnis juga bisa mendesain “shopping journey” mereka sesuai dengan tipe dan kebiasaan konsumen masing-masing.

  1. Proses penjualan yang lebih efisien
(sumber: balesin.id)

AI juga bisa membantu proses penjualan kamu menjadi lebih mudah, nggak ribet, dan efisien. Dari segi seller, kamu nggak perlu lagi membalas pertanyaan berulang dari pelanggan, repot menghitung total pembelian dan ongkos kirim, serta harus siap 24 jam menghadapi pelanggan. Semua bisa di-handle dengan AI. Sementara bagi pelanggan, proses belanja juga jadi nggak ribet. Tinggal pilih produk yang diinginkan, bisa langsung diproses dengan nggak pake ribet dan nunggu lama.

  1. Meningkatkan skala bisnis

Dengan efisiensi yang diberikan oleh AI, pelaku bisnis juga bisa meningkatkan skala bisnis mereka deh. Para pelanggan ter-handle dengan baik, mengurasi cost untuk pelayanan pelanggan, meningkatkan promosi dan marketing, dan masih banyak lagi.

 

Kamu bisa merasakan pengalaman berbisnis online dengan artificial intelligence di BALESIN. Daftar di sini.

 

Sumber: shopping fm