Chat Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Online-mu

BALESIN – Punya bisnis online, atau baru akan memulai untuk jualan online? Tahap yang perlu kamu lakukan pastilah memilih channel digital apa yang akan kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu. Ada berbagai media atau “tempat” untuk membuka toko online, dari mulai membuat website, memanfaatkan media sosial, e-commerce, sampai yang mungkin masih asing buatmu, chat commerce. Apa itu chat commerce dan manfaatnya untuk bisnis online-mu? Yuk kita bahas lebih jelas! 🙂

Chat commerce atau juga disebut conversational commerce pada dasarnya adalah perdagangan di dunia digital dengan berbasis percakapan secara otomatis. Sejak dulu, manusia menggunakan percakapan / komunikasi langsung untuk meningkatkan penjualan sekaligus membangun relasi dengan pembeli. Dari mulai percakapan tatap muka, sampai lewat chat atau comment di dunia internet. Seperti menanyakan, “barangnya ready nggak?”, “bisa dikirim kapan?”, “ukurannya ada apa aja?”, dan lain sebagainya. Percakapan akan selalu menjadi bagian utama dari kegiatan jual beli. Nah dalam perkembangannya, percakapan ini bisa diotomatisasikan, yang disebut chat commerce atau conversational commerce.

Dengan teknologi otomatisasi atau kecerdasan buatan (artificial intelligence), kamu bisa melakukan percakapan dengan pelanggan secara otomatis. Chat commerce bisa diaplikasikan di berbagai platform dalam bentuk chatbot atau voice bots, seperti LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Google Home, Telegram, dan lain-lain. Terus, apa sih kegunaan atau manfaat chat commerce buat bisnis online kita? Jangan salah, banyak banget loh. Ini beberapa di antaranya:

Hadir langsung kepada pelanggan lewat aplikasi chatting

(Sumber: balesin.id)

Taukah kamu kalau penetrasi internet di Indonesia per Januari 2019 ini telah mencapai 56%? Artinya, ada 56% atau lebih dari 140 juta penduduk Indonesia dari seluruh jumlah populasi negara kita yang udah menggunakan internet. Daaan taukah kamu layanan internet apa yang paling sering digunain? Nope, bukan media sosial seperti Facebook atau Instagram, melainkan layanan pesan instan atau messaging apps (chatting)!

Orang Indonesia paling sering membuka aplikasi chatting seperti Whatsapp, LINE, atau Telegram dan FB messenger selama menggunakan internet. Nah sekarang bayangin kalau kamu jualan online di aplikasi-aplikasi chatting tersebut, berapa banyak pelanggan yang bisa kamu jangkau? Banyak banget kaaan.

Dengan adanya chat commerce kayak BALESIN, kamu nggak perlu takut lagi nggak punya pelanggan. Karena pelangganmu juga udah menggunakan aplikasi chatting. Dan enaknya lagi, kamu bisa berjualan secara otomatis. Dari mulai membalas pertanyaan pelanggan seputar produk, memasarkan katalog produk via mini website mu sendiri, hingga mengkalkulasi total belanja dan ongkos kirim, semua bisa dilakuin BALESIN secara otomatis di LINE.

Efektif secara waktu dan biaya

(Sumber: balesin.id)

Siapa di antara kalian yang menjadikan online shop sebagai tambahan penghasilan dan masih punya kegiatan lainnya seperti bekerja, mengurus anak, dan lain sebagainya? Nah, cara mengatur waktu yang baik dan efisien juga menjadi tantangan dalam berbisnis online nih. Dengan teknologi chatbot yang ada di dalam chat commerce, kamu bisa menghemat waktu serta biaya.

Biaya yang dikeluarkan untuk admin bisa dialokasikan untuk keperluan peningkatan bisnis lainnya, karena chatbot bisa meng-handle pertanyaan-pertanyaan simpel dari pelanggan sekaligus mencatat pesanan yang masuk. Dan sebuah chatbot bisa melayani jumlah pelanggan yang tidak terhingga dalam satu waktu lho, artinya nggak akan ada pelanggan yang protes bahkan kabur karena tokomu nggak responsif.

Selain itu, chatbot dalam chat commerce juga selalu aktif 24/7 kapanpun, di manapun. Jadi, kamu bisa menggunakan waktu yang tadinya digunain buat melayani pertanyaan pelanggan untuk kegiatan lainnya. Bisa mengurus anak, mengerjakan pekerjaan lain, menyiapkan produk, hingga beristirahat.

Tapi apakah chatbot bisa menggantikan peran manusia seutuhnya? Tentu nggak ya guys. Chatbot hanya membantu proses jualan kamu jadi lebih mudah dan efektif. Dari yang tadinya kamu harus menjawab satu per satu pertanyaan template, menghitung jumlah belanjaan customer, dll, semua kini bisa di-handle dengan chat commerce. Dengan mengektifkan cost, maka kamu bisa meningkatkan bisnis dan omset toko onlinemu deh.

Tertarik untuk mencoba chat commerce Indonesia? Kamu bisa daftarin tokomu sekarang di SINI.