Kesalahan-kesalahan yang Harus Dihindari Saat Jualan Online

BALESIN – Agar bisnismu bisa berkembang pesat, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat jualan online. Dari meminimalkan potensi kehilangan pelanggan sampai menghemat dan meningkatkan pendapatan, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan tidak melakukan kesalahan-kesalahan ini nih. Dicatet ya guys! 🙂

 

Kesalahan 1: Tidak membuat rencana atau justru terlalu lama menunggu untuk mulai berjualan

(Sumber foto: entrepreneur.com)

Tidak memiliki rencana yang matang sebelum mulai berbisnis, atau justru terlalu lama menunggu untuk memulainya, dua-duanya adalah kesalahan. Wajib banget hukumnya kamu memiliki rencana yang matang sebelum memulai bisnis online mu. Tapi, jangan sampai kamu terlalu lama menunggu dan mengulur waktu ya.

Sebelum mulai berjualan, tentukan hal-hal penting serta strategi yang akan kamu lakukan dengan efisien. Kemudian, START NOW! Kalau kamu terlalu lama menunda, kamu justru bisa kehilangan waktu dan kesempatan. Bisa jadi di saat kamu akhirnya mulai berbisnis, plan yang kamu punya sudah nggak relevan lagi dengan target market.

 

Kesalahan 2: Menanggap mempromosikan tokomu tidak penting

(Sumber foto: macneilwash.com)

Rezeki memang sudah diatur, tapi kita harus menjemput rezeki, teman Balesin! Apalagi untuk kamu yang berbisnis online. Dengan persaingan yang sangat banyak dan target pelanggan yang besar, ini adalah kesempatan kamu untuk bisa mempromosikan dan memperkenalkan toko online mu ke sebanyak mungkin calon pelanggan dan lewat mana aja.

Bagaimana orang bisa tahu produk yang kamu jual berkualitas bagus, dan bagaimana orang bisa mampir ke channel online tokomu, kalau kamu nggak mempromosikannya? So, jangan ragu untuk terus promosi dengan konsisten. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, dari membuat akun media sosial, hadir di e-commerce, mengadakan diskon, sampai menggunakan fitur-fitur promosi berbayar seperti iklan, paid promote, dan masih banyak lagi.

 

Kesalahan 3: Salah menentukan harga barang, terlalu tinggi atau terlalu rendah

(Sumber foto: intuit.com)

Salah satu plan yang penting sebelum kamu mulai berjualan adalah menentukan harga produkmu. Sebaiknya, kamu melakukan riset seperti jumlah modal yang perlu kamu keluarkan dalam memproduksi hingga distribusi barang tersebut, serta riset harga yang ditawarkan competitor-kompetitor sejenis.

Jika harga produkmu terlalu tinggi, otomatis kamu tidak bisa memiliki target market yang besar. Belum lagi jika ternyata harga produkmu melebihi harga-harga produk sejenis di toko lainnya. Pelanggan memiliki kemudahan untuk bisa membandingkan satu toko online dengan toko lain, untuk itu pastikan harga dan kualitas produkmu bersaing. Selain itu, jangan sampai juga kamu memasang harga yang terlalu rendah dan tidak sesuai dengan kualitas serta modal yang telah kamu keluarkan.

 

Kesalahan 4: Menjual barang ke target market yang tidak tepat

(Sumber foto: biztorials.com)

Merasa toko online mu sepi peminat? Jangan rendah diri dulu, belum tentu produk yang kamu jual tidak bagus lho. Bisa jadi, selama ini kamu berjualan ke target market yang tidak tepat. Jika kamu menggunakan promosi berbayar seperti ads/iklan, paid promote, atau menggunakan influencer, pastikan bahwa kamu memang sudah mengatur target yang tepat. Perhatikan bagian kriteria user yang kamu tuju di kolom iklan, atau jika kamu menggunakan influencer, pilih orang yang tepat untuk merepresentasikan produkmu ya.

 

Kesalahan 5: Menganggap kepuasan berbelanja pelanggan tidaklah penting

(Sumber foto: clickdimensions.com)

Ini adalah kesalahan yang fatal. Tidak salah jika ada pepatah pembeli adalah raja, karena mereka memang harus dilayani dengan baik agar penjual bisa mendapatkan loyalitasnya. Menurut survey, satu kali saja pengalaman buruk berbelanja bisa membuat mereka langsung kabur dan beralih ke toko online lainnya lho. Untuk itu, pastikan pelangganmu memiliki pengalaman yang baik saat berbelanja di toko online mu.

Dimulai dari kecepatan dalam menanggapi pertanyaan pelanggan, hingga kemudahan dalam berbelanja dan pengiriman barang. Kamu bisa mencoba BALESIN untuk membantumu dalam melayani customer dengan cepat dan serba otomatis. 🙂

 

Referensi artikel: The Balances Small Business