Event: Accelerate your Business Capabilities through Digitalisation (ABCD)

BALESIN – Kamis, 27 Juni 2019, CEO @balesin.id, Ache Harahap (@acheharahap) menjadi salah satu pembicara dalam acara Accelerate your Business Capabilities through Digitalisation (ABCD) yang diselenggarakan di @wework, Jakarta. Acara yang bekerjasama dengan HIPMI Jakarta Utara (@hipmijakut), DBS Bank Indonesia (@dbsbankid), dan Alibaba Cloud (@alibaba_cloud) ini dihadiri ratusan pekerja dari berbagai bidang dan kalangan, baik para pelaku bisnis kecil hingga besar.

Selain CEO BALESIN, Accelerate your Business Capabilities through Digitalisation (ABCD) juga menghadirkan tiga pembicara lainnya, yaitu: Fery Kasiman (Head of Digital – Institutional Banking Group, DBS Bank Indonesia), Hiro Whardana (CEO & Co-founder Passpod), dan Irfan Arsandi (CTO Agan.id). Acara yang berlangsung selama lebih dari dua jam tersebut membahas tentang perkembangan dunia bisnis, serta strategi mempertahakan hingga mengakselerasi bisnis di era digital.

Menjawab tantangan bisnis online untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, BJtech meluncurkan produk terbarunya yang bernama balesin,id. Balesin.id adalah platform chat commerce yang membantu proses jual beli online menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), chatbot yang ada di Balesin.id membuat para seller kini tidak lagi repot merespon dan membalas pertanyaan berulang dari pelanggan, hingga mampu menghitung total invoice serta ongkos kirim belanja pelanggan, hanya lewat messaging apps populer di Indonesia.
.
“Lewat balesin.id, kami ingin teknologi artificial intelligence (AI) dan chatbot bisa bermanfaat untuk lebih banyak lagi industri dan pelaku bisnis online di Indonesia,” kata Ache.

Era digital juga membuat perkembangan bisnis startup di Indonesia semakin pesat. Kini, banyak startup didirikan untuk membantu pekerjaan sehari-hari masyarakat. Selain Balesin.id, hadir juga Chief Technology Officer (CTO) dari startup Agan.id, Irfan Arsandi yang memperkenalkan bagaimana community based app bisa membantu masyarakat untuk melakukan transaksi digital sederhana, misalnya pembelian pulsa, pembayaran tagihan, hingga zakat dan donasi.

Untuk mengembangkan bisnis digital, para pelaku startup tidak cuma harus memikirkan business model yang jelas dan bisa diterima pasar, tapi juga pentingnya jeli melihat data bagi para startup untuk bisa bertahan, seperti yang didiskusikan oleh CEO & Co-Founder Passpod, Hiro Whardana. Passpod sendiri memilih IPO dibandingkan didanai oleh venture capital untuk startup nya.

Dari segi corporate, ada Fery Kasiman yang merupakan Head of Digital – Institutional Banking Group, DBS Bank Indonesia. Industri perbankan, seperti industri-industri lainnya juga tidak luput dipengaruhi oleh perkembangan dunia digital, dan harus terus berinovasi untuk bisa mengakomodir kebutuhan para usernya. Untuk itu, di era digital sekarang, Fery menyatakan bahwa DBS Bank Indonesia menawarkan bantuan dari sisi payment dan collection bagi para pelaku UKM Indonesia.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung acara Accelerate your Business Capabilities through Digitalisation (ABCD) dan juga peserta yang telah hadir. Ikuti terus informasi tentang event-event Balesin.id selanjutnya di Instagram BALESIN.