Cara Mendatangkan Pelanggan ke Toko Barumu

BALESIN – Gimana cara mendatangkan pelanggan ke toko barumu? Setelah kamu memulai untuk bisnis online, pertanyaan tersebut sangat penting dan kadang membingungkan nih.

“Customer trust is hardest to earn when you don’t have any customers.” Yup, bener banget. Sebelum berbelanja di sebuah toko, hal yang biasa dilakukan pelanggan adalah mencari testimonial/review dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Apakah produk yang tokomu jual bagus, apakah pelayanannya memuaskan, dan sebagainya. Tapi, ini menjadi sulit ketika kamu baru aja mulai membuka toko dan belum memiliki pelanggan.

Tapi jangan khawatir, ada beebrapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan pelanggan ke toko barumu. Di antaranya:

  1. Tunjukkan sisi “personal” dari bisnismu

(Sumber foto: stephaniegrace.co.uk)

Sebagai customer, kita cenderung sulit mempercayai sebuah brand/produk baru yang belum teruji kualitasnya. Tapi, manusia akan lebih terbuka untuk mengenal sesama. So, kamu bisa nih menunjukkan sisi “personal” dari bisnismu.

Misalnya, dengan mencantumkan nama atau akun media sosialmu sebagai owner di kolom “About Me” di toko online mu. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah untuk tau latar belakangmu, dan meningkatkan kepercayaan mereka atas toko onlinemu. Kamu juga bisa menceritakan latar belakang atau alasan menarik tentang kenapa kamu memulai bisnis ini, kisah atau arti di balik setiap produk yang kamu jual, dan masih banyak lagi.

  1. Bangun hubungan dengan pelanggan lewat konten

(Sumber foto: moneycrasher)

Content is powerful! Masih berkaitan dengan poin pertama, kamu bisa mengeksplor banyak hal lewat konten-konten yang kamu sajikan di toko onlinemu. Untuk bisnis baru, kamu bisa mulai membuat “karakter” dari brand mu, sehingga lama-lama menjadi kuat dan pelanggan akan dengan sendirinya juga ikut engage dengan karakter brand mu tersebut. Jadi buat pemilik online shop, kamu harus konsisten dalam membuat konten-konten yang menarik.

  1. Berikan informasi produk dengan detail dan terperinci

(Sumber foto: the verge)

Semakin banyak pelanggan tau mengenai detail produk yang ingin mereka beli, semakin besar kemungkinan mereka akan benar-benar membelinya. Jadi, jangan pelit dan malas ya untuk mencantumkan informasi produkmu dengan detail dan terperinci.

Dengan mencantumkan informasi produk yang lengkap, selain kamu memudahkan pelanggan untuk nggak harus bertanya-tanya lagi mengenai produk tersebut, kamu jadi nggak perlu repot membalas pertanyaan seputar info produk lagi kan? 🙂

  1. Pastikan pelayanan pelanggan untuk belanja baik dan memuaskan

Ingat, nggak ada kesempatan kedua dalam memberikan pelayanan pelanggan yang baik di bisnis online. Sekali aja mereka kecewa dengan pengalaman berbelanja di tokomu, dipastikan mereka akan langsung mencari toko lain dan nggak akan kembali lagi. Nah ini makanya penting banget untuk membangun pengalaman berbelanja yang memuaskan, apalagi jika tokomu masih baru.

Jangan biarkan pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan nggak terjawab, atau mereka harus menunggu dalam waktu yang lama untuk mendapatkan respon darimu. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba fitur-fitur yang tersedia di BALESIN.

  1. Sediakan laman FAQ

(Sumber foto: herocontent)

FAQ atau Frequently Asked Question adalah layanan yang menginformasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Dengan menyediakan FAQ, kamu bisa memberikan informasi sebanyak-banyaknya tentang toko barumu dan produk-produk yang kamu sediakan. Ini bisa membuat kepercayaan pelanggan terhadap toko onlinemu meningkat.