Bisnis Online di Indonesia Laris Manis, Ini 5 Alasannya

BALESIN – Belanja atau membeli barang memang menjadi salah satu kebutuhan yang nggak akan pernah habis. Bahkan banyak di antara kita yang hobi belanja. Siapa nih di antara kamu yang hobi belanja? Hihi. Apalagi dengan banyaknya perusahaan dan produsen yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga hiburan.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kegiatan jual beli berubah bentuknya. Dulu kamu harus mencari barang yang diinginkan dengan cara pergi ke toko. Sekarang, kamu bisa mencari dan membeli berbagai jenis barang, hanya dengan sentuhan jari, di mana saja. Dalam waktu yang cukup singkat dan cara yang mudah, barang yang kamu beli akan tiba di tempat tujuan. Semua berkat bisnis online.

Bisnis Online Indonesia

Pertumbuhan bisnis online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, termasuk di Indonesia. Seperti dikutip dari Republika.com, nilai bisnis online di Indonesia disebut mencapai 12 milyar dolar Amerika Serikat. Dalam laporan bertajuk ‘Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity’, McKinsey juga menyebutkan bahwa peralihan bisnis ke ranah digital akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 150 miliar dolar pada tahun 2025 mendatang.

Pesatnya perkembangan bisnis online ini juga seiring dengan peningkatan pengguna internet di Indonesia. Saat ini, lebih dari 93,4 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif dan 73 persennya mengakses internet melalui perangkat seluler. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah.

Nah, dengan adanya internet dan bisnis online, jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) dan entrepreneur berbasis online di Indonesia juga semakin tinggi loh. Tahu nggak, hingga saat ini lebih dari 3,8 juta UKM udah berjualan dan membuat toko online yang tersebar di berbagai media sosial, e-commerce, hingga chat messenger. Sementara enam jenis bisnis online terpopuler di Indonesia adalah fashion, kuliner, kebutuhan rumah tangga, elektronik dan gadget, travel, serta kesehatan.

Alasan Orang Beralih ke Online Shop

Kenapa bisnis online semakin populer dan banyak dipilih oleh konsumen? Situs SDEXEC menjelaskan beberapa alasannya nih:

1. 24/7 Shopping

(sumber foto: timeout.com)

Kalau dulu ketika kamu ingin belanja, kamu harus berkunjung sesuai jam toko tujuan buka. Kadang giliran mau beli sesuatu, tokonya udah tutup. Dengan adanya toko online, konsumen bisa berbelanja kapanpun mereka mau dan butuh.

2. Perbandingan Harga

(Sumber foto: marketingweek.com)

Konsumen bisa dengan mudah membandingkan harga suatu barang dari satu toko online dengan toko lainnya. Dengan begitu, konsumen bisa memilih harga yang paling cocok dengan effort yang nggak besar. Misalnya, nggak harus berjalan dari satu toko ke toko lain, yang membutuhkan waktu dan tenaga. Nggak ada juga drama mengantri di toko atau kasir.

3. Banyak Promo dan Diskon

(Sumber foto: smallbiztrends.com)

Untuk pemilik toko online, kamu bisa menghilangkan pengeluaran-pengeluaran yang diperlukan jika berbisnis offline, seperti biaya sewa tempat, listrik, transportasi, dan masih banyak lagi. Biaya tersebut bisa dialihkan untuk meningkatkan promo dan penjualan, seperti membuat diskon dan penawaran-penawaran khusus lainnya yang bisa meningkatkan jumlah konsumen.

4. Pilihan yang Lebih Banyak

(Sumber foto: youthincmag.com)

Di toko offline, barang yang bisa dijual akan terbatasi dengan lokasi. Sementara jika kamu membuka toko online, kamu bisa menampilkan sebanyak apapun barang yang ingin kamu jual, karena nggak terbatasi dengan dimensi fisik. Dengan demikian, konsumen pun akan punya pilihan barang yang lebih banyak.

 

5. Mudah dan Efisien

(Sumber foto: lakeridgenewsonline.com)

Baik untuk pemilik bisnis maupun konsumen, online shop emang memberikan banyak kemudahan dan efisiensi. Kamu bisa membuat toko online dan berjualan di mana aja, kapan aja kamu mau. Bahkan jika kamu menjadikan online shop sebagai pekerjaan sampingan. Sambil bekerja, bisa juga sambil jualan. Nah buat konsumen, belanja online juga mudah dan efisien. Kebutuhan belanja bisa dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lainnya. Bahkan, barang juga akan dikirim langsung ke tempat tujuan.

Leave a Reply