6 Tips Jualan Online Untuk Pemula

BALESIN – Buat kamu yang masih pemula, BALESIN akan memberikan beberapa tips jualan online di tahun pertama. Tidak ada kata terlambat kok untuk memulai sesuatu hal yang positif guys, termasuk untuk kamu yang mau memulai bisnis jualan online. Mumpung masih di awal tahun, yuk kita persiapkan hal-hal yang dibutuhkan agar bisnis kita bisa berkembang pesat. Di antaranya:

  1. Tentukan target audience / market dengan hati-hati

(Sumber: theceomagazine.com)

Bisnis jualan online sangat dipengaruhi oleh reputasi, dan seberapa besar nama kamu “dikenal” serta mudah dijangkau para pembeli. Dan untuk bisa mendapatkan reputasi yang baik, penting untuk kamu menentukan target customer dengan hati-hati, agar nggak salah jangkauan nih. Jangan sampai kamu berjualan produk untuk bayi, tapi justru toko kamu ada di kalangan bikers atau pecinta sneakers. Nggak nyambung kan? Hihi.

Pastikan juga, apa yang kamu tampilkan di toko online mu sesuai dengan produk yang kamu jual. Semakin tepat kamu membuat “branding” tokomu seperti warna-warna yang sesuai dengan produk, feeds Instagram/website yang berkarakter, serta gaya bahasa yang sesuai dengan target pembeli, maka toko mu akan semakin mudah berkembang.

  1. Buat konten yang berkualitas dan cepat

(Sumber foto: lynnegabriel.com)

Dua kata kunci yang penting: kualitas, dan kecepatan. Di era digital, pembeli memiliki banyak pilihan dan kemudahan untuk berpindah dari satu toko ke toko lainnya. Untuk menarik konsumen dan membuatnya loyal dengan tokomu, buatlah konten-konten yang berkualitas dan konsisten. Misal, mengunggah produk secara berkala, dan cepat tanggap dalam mengikuti tren baru yang selalu berubah.

  1. Hadir dalam “mobile”

Tahukah kamu bahwa sekarang sebagian besar orang mengakses internet melalui smartphone loh, bukan lagi melalui PC atau laptop. Nah, tokomu juga harus bisa hadir dalam “mobile”. Artinya, bagaimana caranya konsumen bisa dengan mudah mengakses tokomu hanya lewat handphone mereka. Inilah kenapa banyak konsumen yang memilih untuk membeli dan berkomunikasi dengan penjual lewat chatting, seperti lewat LINE, whatsapp, dan aplikasi chat lainnya.

  1. Berikan konsumen pengalaman berbelanja yang baik

(Sumber foto: score.org)

Thanks to internet, jaringan komunikasi sekarang makin gampang dan cepat. Kalau dulu ketika mencari barang di toko offline, kadang kita harus pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, bertanya pada pramuniaga, dan lain sebagainya, sekarang penjual bisa menjangkau konsumen dengan lebih mudah. Untuk itu buat kamu yang baru mulai berbisnis online, kamu harus bisa memelihara hubungan baik dengan para pembeli atau calon pembeli. Termasuk dengan memberikan mereka pelayanan dan pengalaman berbelanja yang mudah, cepat, dan serba praktis.

  1. Integrasikan / maksimalkan berbagai channel untuk berjualan

(Sumber foto: nexmo.com)

Ingin meningkatkan konsumen dan penjualan? Jangan segan juga untuk memaksimalkan berbagai channel guna mempromosikan tokomu. Sekarang banyak banget tempat berjualan online, mulai dari media sosial seperti Instagram dan Facebook, e-commerce/marketplace, lewat aplikasi chat seperti LINE atau whatsapp, serta menggunakan platform chat commerce seperti BALESIN. Semakin banyak tokomu “beredar”, semakin banyak juga kesempatan untuk menjaring calon pelanggan lebih luas.

  1. KONSISTEN dan selalu berinovasi

(Sumber: economywatch.com)

Untuk kamu yang baru memulai berbisnis online, yang harus dilakukan juga adalah konsisten! Berbisnis adalah usaha jangka panjang, jadi jangan menyerah dan terus selalu berinovasi agar bisnismu dapat berkembang. Dengan konsistensi dan inovasi, dijamin deh kesuksesan akan menunggu kamu. Nah itu dia 6 tips jualan online untuk pemula

Bikin admin otomatis untuk bisnis online mu di BALESIN.

Referensi artikel: Entrepreneur.com