5 Kegunaan Layanan Live Chat di Website Bisnismu

 

BALESIN – Kegunaan layanan live chat di website bisnismu, apalagi dalam berbisnis online sangatlah banyak dan penting lho. Sebelum BALESIN membahasnya lebih lanjut, kamu perlu ketahui dulu apa itu live chat?

Live chat adalah sebuah web service yang membantu pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara real time dengan orang-orang yang mengunjungi website mereka. Biasanya merupakan layanan pelanggan berbentuk chatting maupun form yang bisa diisi pelanggan, untuk bertanya maupun mengisi pesan serta komplain mengenai bisnis atau produk yang kamu tawarkan.

Lalu untuk kamu yang berbisnis online dan punya website sendiri, kenapa live chat itu penting dan apa saja sih kegunaan layanan live chat di website bisnismu? Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Meningkatkan Penjualan/Sales

Hal yang paling penting bagi perkembangan dan kelangsungan sebuah bisnis, apapun bidang maupun bentuknya adalah penjualan atau sales. Nah, ternyata seperti dikutip dari blueladz.com, bisnis yang menyediakan layanan live chat di website bisa mendapatkan peningkatan penjualan dan retensi pengguna. 51% pelanggan mengatakan kemungkinan melakukan pembelian meningkat jika ada layanan live chat, apalagi jika layanan tersebut memuaskan.

  1. Meningkatkan retensi customer

Membuat customer kita kembali lagi ke website dan melakukan pembelian atau transaksi adalah tujuan dari semua bisnis. Retensi customer yang tinggi membuktikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk serta layanan bisnis, dan menjadi pelanggan setia. Layanan customer service yang baik adalah salah satu faktornya, dan dengan adanya live chat yang bisa menjawab pertanyaan serta kebutuhan dari customer dengan cepat dan tepat bisa meningkatkan 48% customer retention.

  1. Meningkatkan konversi

Apa perbedaan customer retention dan customer conversion? Jika retensi adalah kembalinya pelanggan kepada bisnis/produk yang kita tawarkan, konversi adalah bagaimana cara kita membuat pelanggan melakukan “action”, baik itu melakukan pembelian, pemesanan, dan lain-lain dalam website. Nah, bagaimana meningkatkan konversi pelanggan untuk bisa melakukan pembelian/pemesanan?

Sebagian besar calon pelanggan akan memulai sebuah transaksi dengan chatting terlebih dahulu. Mereka biasanya akan bertanya seputar produk yang ingin mereka beli, harga, bagaimana cara memesan, keunggulan produk, dan lain sebagainya. Dengan adanya layanan live chat, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa terjawab dan kemungkinan conversion rate pun akan meningkat. American Marketing Association mengklaim bahwa layanan live chat pada perusahaan B2B mampu meningkatkan konversi setidaknya 20%.

  1. Meningkatkan reputasi brand

Reputasi adalah segalanya bagi para pelaku bisnis. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan penjualan, sebuah brand harus memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan. Layanan live chat mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga 41%, hal ini akan berujung pada meningkatnya social traffic ke website dan ujungnya kamu bisa mendapatkan retensi tambahan.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Nah yang terakhir juga tidak kalah penting, yaitu kepuasan pelanggan. Tujuan utama adanya layanan live chat adalah untuk memudahkan pelanggan mengetahui info lebih lengkap mengenai bisnis atau produkmu. Jadi selain ketersediaan live chat, layanannya pun perlu diperhatikan dengan baik, dari mulai kecepatan membalas pesan atau pertanyaan pelanggan, ketepatan menjawab pertanyaan, hingga pendampingan atau bantuan pada pelanggan.

Menciptakan layanan live chat yang baik tentu tidak mudah, apalagi jika kamu memiliki bisnis yang sedang berkembang dan banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan tersebut, tentu kamu harus menggunakan jasa admin atau selalu stand by menjawab semua pertanyaan yang masuk. Nah, jangan khawatir, karena BALESIN punya solusinya.

 

Kini, BALESIN menghadirkan #balesinFAQ, layanan admin otomatis yang siap menjawab segala pertanyaan customer tentang bisnismu, 24/7! Dengan teknologi chatbot, #balesinFAQ bisa membaca konteks pertanyaan customer, lalu memberikan jawaban yang sesuai dengan cepat, tepat, dan otomatis. Teknologi ini bisa di-embed pada website bisnismu, atau berbentuk URL yang bisa di-share di mana saja.

Untuk tau lebih lanjut tentang chatbot canggih #balesinFAQ, kamu bisa klik di sini.