3 Cara Membuat Toko Online-mu dengan Mudah

BALESIN – Kamu tertarik untuk punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan dengan waktu yang fleksibel? Kamu bisa mencoba untuk membuat toko online loh, atau istilahnya, menjadi online seller. Apalagi, cara membuat toko online juga mudah banget.

Berbisnis online adalah salah satu peluang usaha dan pekerjaan yang menjanjikan dan diminati banyak orang. Apalagi dengan terus meningkatnya perkembangan bisnis online serta jumlah UKM dan entrepreneur di Indonesia. Sekarang, terdapat lebih dari 3,8 juta pelaku bisnis dan UKM yang udah berjualan dan membuat toko online nya di berbagai platform.

Walaupun semakin mudah, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuat toko online. Karena untuk membangun bisnis yang sukses, perlu perencanaan dan pastinya usaha ekstra maksimal dalam menjalankannya. Jadi, apa aja sih yang harus disiapkan? Menurut Fit Small Business, ada 3 hal penting dan paling mendasar nih untuk berjualan online.

Pertama, Putuskan apa yang ingin kamu jual di toko online-mu

(Sumber foto: spreadshirt)

Ada banyak macam produk dan barang yang dijual di online. Nah pertama-tama, kamu harus merencanakan dengan baik dan menentukan jenis produk apa sih yang ingin kamu jual. Sumber produknya pun bisa bermacam-macam. Kamu bisa menjadi produsen alias memproduksi barangmu sendiri, atau yang juga banyak adalah re-seller, yaitu mengambil produk dari produsen dan menjualnya kembali. Masih banyak lagi nih jenis-jenis online seller lainnya, kayak dropshipper, custom made-to-order, dan lain sebagainya.

Selain sumber produk, jenis produk yang ingin dijual pastinya nggak boleh ketinggalan. Jangan lupa research market dulu ya, produk apa sih yang laris dan dibutuhkan oleh pasar? Seperti fashion, food & beverages, kebutuhan rumah tangga, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Kedua, Gunakan berbagai channel untuk membuat toko online-mu

(Sumber gambar: balesin.id)

Zaman sekarang, kamu nggak harus lagi terpaku pada satu tempat untuk membuka toko online. Intinya, kamu harus “ada” di manapun calon pelangganmu berada. Udah ada banyak banget channel-channel yang bisa kamu manfaatkan. Contohnya:

-Media Sosial: Buat para seller, pasti pernah juga dong belanja online? Nah dari mana sih biasanya kamu tahu atau melihat-melihat online shop? Yup, pasti jawabannya Instagram, Facebook page, atau bahkan website. Nah, kamu bisa membuat akun media sosial untuk mempromosikan produkmu. Kamu bisa lihat postingan kami mengenai tips berjualan lewat instagram di sini.

-E-commerce: E-Commerce juga menjadi salah satu channel favorit para online seller. Di Indonesia, ada beberapa e-commerce raksasa yang merupakan “rumah” bagi ribuan UKM dan product owner. Plusnya jualan di e-commerce, akan ada banyak calon pelanggan baru yang bisa ditarik ke tokomu jika produk yang kamu jual sesuai dengan kata kunci yang mereka cari.

-Chat Messenger: Kalau kita lihat di akun Instagram, online shop pasti akan mencantumkan link chat messenger mereka sebagai cara pemesanan. Seperti WhatsApp dan LINE. Nah chat messenger ini  adalah channel yang penting banget loh, karena sebagian besar pelanggan di Indonesia masih lebih percaya untuk membeli barang online lewat chat dengan admin. Jadi, jangan lupa untuk membuat akun chat messenger si toko online mu dan kelola pemesanan di chat.

Ketiga, Branding dan promosikan toko online-mu

(Sumber gambar: vinculumgroup)

Selanjutnya, gimana caranya agar toko online-mu bisa dikenal orang banyak? Branding adalah hal yang nggak boleh dilupakan. Dimulai dengan penentuan nama toko online yang merepresentasikan produk yang kamu jual, membuat desain-desain menarik, membuat akun media sosial yang enak dilihat dan interaktif, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa membuat promosi serta diskon atau penawaran khusus yang bisa membuat banyak calon pelanggan baru tertarik.

 

Gimana? cara membuat toko online mudah banget kan? yang kamu perlu lakukan adalah: DO IT, dan konsisten dalam membangun bisnis online mu. Semoga berhasil!